Rabu, 05 Mei 2010

LEBIH DALAM TENTANG DARAH

Lalu apa isi darah...?
Kalau kita telah membaca pengertian darah, maka kalian telah mengetahui bahwa darah dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu plasma darah dan korpuskuli (sel-sel darah)…sekarang mari kita lihat masing-masing isinya…
Plasma darah….
Merupakan kesatuan cairan ekstraseluler dengan volume kira-kira 5 % dari berat badan. Jadi misalnya berat badan kita 70 kg maka cairan plasma yang ada di dalam tubuh kita kira-kira 5 % x 70.000 cc = 3.500 cc = 3.5 liter..wow banyak bukan?
Plasma darah terdiri dari bahan cair berupa air yang merupakan bagian terbesar sebanyak 91 % sedangkan 9 % sisanya merupakan bahan padat organic maupun inorganic seperti larutan protein, glukosa, factor koagulasi, ion mineral, hormone dan karbondioksida. Dinding kapiler permiabel bagi air dan elektrolit sehingga plasma darah selalu ada dalam pertukaran zat dengan cairan interstisial. Dalam waktu 1 menit sekitar 70% cairan plasma bertukaran dengan cairan interstisial.
Perbedaan dengan cairan interstitiel adalah komponen protein yang ada di dalamnya. Cairan plasma mengandung kadar protein 7 % sedangkan cairan interstitiel 2 %. Kadar protein ini merupakan perbedaan yang menyolok sedangkan kadar bahan-bahan yang lain tidak begitu besar yaitu antara lain glucose, elektrolit-elektrolit.
Peranan plasma protein
1. Mempertahankan tekanan koloid osmotic
Plasma protein mengandung albumin yang berfungsi sebagai fraksi protein. Albumin sebagai fraksi protein ini mempunyai sifat menarik air, sehingga apabila kadar albumin menurun maka tekanan koloid akan ikut turun , daya tarik air akan menurun sehingga air lebih mudah keluar ke cairan interstitiel.apabila hal ini terjadi dalam jumlah besar maka orang tersebut akan mengalami oedema.
2. sebagai buffer di dalam darah
plasmaprotein sebagai buffer mempunyai potensi 1/6 dari seluruh kapasitas di dalam darah.
3. fraksi plasma globulin mempunyai peranan sebagai antibody
4. bersama-sama dengan factor-faktor pembekuan darah berperan dalam proses pembekuan darah
fraksi-fraksi pembentuk Plasma protein
 albumin
 globulin
 fibrinogen

Bagaimana cara kita melihat bagian darah yang disebut plama ini ? Darah penuh (whole blood), jika kita biarkan dalam tabung reaksi dengan posisi tegak lurus selama beberapa waktu, maka akan terbentuk 2 lapisan. Lapisan atas berwarna kekuningan jernih, sedangkan bagian bawah berwarna merah tua. Lapisan atas itulah yang disebut dengan Plasma Darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar